Berita

STAI Taswirul Afkar Menyambut Optimis Akreditasi Institusi dengan Predikat Baik

Surabaya– Rapat Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) Kopertais Wilayah IV digelar pada hari Jumat-Minggu, 26-28 April 2019 di Premeire Place Juanda. Rapim yang bertema “Penguatan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi dan Kemandirian Perguruan Tinggi Islam Swasta (PTKIS) Kopertais Wilayah IV Surabaya di Era Revolusi Industri 4.O” dihadiri oleh 195 PTKIS.

Prof. Masdar Hilmy, Ph.D selaku koordinator perguruan tinggi Islam swasta melaporkan Rapim pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang selalu berbarengan dengan Rapim UIN Sunan Ampel, guna efektivitas hasil maka tahun ini Rapim PTKIS dipisah sebab tahun ada isu yang sangat penting yakni akreditasi institusi dan pembentukan forum komunikasi pimpinan PTKIS. Koordinator menyampaikan data, dari sekian PTKIS yang terdaftar di Kopertais 75 PTKIS mendapatkan akreditasi C, 27 mendapat B, dan hanya 1 yang mendapat A dengan demikian ada 72 PTKIS yang belum terakreditasi. Prof. Masdar panggilan akrab koordinator memungkas, untuk memperoleh nilai A pada akreditasi institusi lumayan sulit sebab standar 1 harus ada kriteria mahasiswa internasional 2%.

Tampil sebagai pembicara Prof. Arskal Salim menyampaikan point tentang akreditasi institusi PT, “tanggal 31 Maret adalah deadline tujuh standar akreditasi institusi setelah itu pada bulan Syawal tahun ini akan ada pelatihan assesor akreditasi institusi sembilan standar, maka PTKIS wajib submit AIPT pada bulan Agustus, tepatnya 10 Agustus 2019. Suparto sebagai pembicara kedua menguatkan bila lebih dari 10 Agustus PTKIS tidak submit AIPT maka PTKIS harus merger.

Suparto selaku pembicara sekaligus asesor BAN-PT menjelaskan bahwa AIPT sembilan standar menggunakan instrumen 3.0 yang meliputi: input, proses, outcome. Bedanya dengan akreditasi yang lalu adalah tahun ini asesor lebih mengejar pada output dan outcome. Contoh bila PT menyelenggarakan kerjasama dengan PT internasional maka yang ditanya bukan cukup MoU melainkan laporan kegiatan beserta output dan oucome. Meskipun AIPT sembilan standar STAI Taswirul Afkar siap menyambut dan meningkatkan mutu dengan maksimal demi terselenggaranya pendidikan tinggi yang berkualitas.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close