Berita

KKN di Trenggalek, Mahasiswa STAI Taswirul Afkar Siap Menjadi Pelopor Pembangunan Desa

Siang itu, pukul 13.00 di balai desa Ngepeh, kecamatan Tugu, kabupaten Trenggalek. Pembukaan KKN/PPL dimulai. Sekitar 60 mahasiswa mengikuti acara pembukaan dengan antusias. KKN/PPL ini rencananya akan dilaksanakan selama sebulan penuh, dari 25 Januari sampai dengan 25 Februari

Hadir di acara tersebut ketua STAITA (Sekolah Tinggi Agama Islam Taswirul Afkar), Drs. H. Yatimun, MM., ketua bidang kemahasiswaan Muzamil, M.Th.i, ketua bidang akademik Dr. Cand. Moh. Saroi, M.Pd.I ketua bidang sarana dan prasarana, Dr. Cand. H. Rangga Sa’adillah M.Pd.I, dan pejabat STAITA yang lain. Sedangkan dari tokoh-tokoh setempat turut hadir pengasuh pondok pesantren di desa Ngepeh, anggota DPRD kabupaten, Trenggalek, Muspika kecamatan Tumpuk, Kepala desa Tempeh, Tumpuk, Ketua tim penggerak PKK desa Ngepeh dan tumpuk,
Babinsa, Babin kamtibmas setempat dan lain-lain.

Berdasarkan sambutan ketua STAITA, Acara KKN ini juga diselengggarakan atas kerjasama antara STAITA dengan Ketua YPU(Yayasan Pendidikan Umat) al hidayah.

Acara pembukaan ini dibuka dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh salah satu peserta KKN, disusul oleh paduan suara Taswirul Afkar yang membawakan lagu Indonesia Raya dan Mars Taswirul Afkar. Adapun sambutan berturut-turut disampaikan oleh ketua STAITA H. Yatimun, Pejabat dinas pendidikan yang mewakili camat setempat, dan salah satu anggota DPRD tingkat II yang merupakan penduduk desa setempat. Sambutan-sambutan dari berbagai pihak ini memiliki harapan yang sama, yakni acara KKN/PPL yang perdana di desa Ngepeh ini terlaksana dengan lancar dan sukses.

Dalam acara pembukaan KKN ini juga terdapat penyerahan bantuan buku untuk perpustakaan di musholla balai desa Ngepeh, penyerahan dilakukan oleh Muzamil, M.Th.I kepada takmir Musala balai desa. Dilanjut dengan Penyerahan dana bantuan 10 juta rupiah oleh Dr. Cand. H. Rangga Sa’adillah, M.Pd.I kepada lurah desa Ngepeh.
Rangkaian acara pembukaan KKN ini akhirnya ditutup dengan doa oleh Dr. Cand. Saroi, M.Pd.I.K

KKN PPL perdana yang dilakukan di Trenggalek merupakan tonggak awal komitmen STAI Taswirul Afkar untuk mengembangkan kelembagaan dan mengambil andil peran pengabdian kemasyarakatan di Kabupaten Trenggalek khususnya di Desa Ngepeh. Besar harapan Muspika dan warga Desa Ngepeuh kepada mahasiswa STAI Taswirul Afkar untuk menjadi pelopor pembangunan di Desa Ngepeh, tentu saja yang dimaksud dengan pelopor pembangunan adalah peningkatan kualitas SDM warga Desa Ngepeh melalui bimbingan-bimbingan spiritual hingga nantinya bisa teraktualisasi dalam kesalehan spiritual sosial. (Safir)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close